basis-data

Pengertian Basis Data Menurut Pakarnya

Menurut “Siberschatz, dkk.; (2002) mendefinisikan basisdata sebagai kumpulan data berisi informasi yang sesuai untuk sebuah perusahaan. System manajemen basisdata (DBMS) adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan kumpulan program untuk mengakses data. Tujuan utama system manajemen basisdata adalah menyediakan cara menyimpan dan mengambil informasi basisdata secara mudah dan efisien”.

Menurut “Stephens dan Plew (2000), adalah mekanisme yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data. Informasi adalah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai alasan. Dengan basisdata, pengguna dapat menyimpan data secara terorganisasi. Setelah data disimpan, informasi harus mudah diambil. Kriteria dapat digunakan untuk mengambil informasi. Cara data disimpan dalam basisdata menentukan seberapa mudah mencari informasi berdasarkan banyak kriteria. Data pun harus mudah ditambahkan kedalam basisdata, dimodifikasi, dan dihapus”.

Menurut pengertian secara kharfiah, basis data terdiri dari dua kata yaitu basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai suatu markas atau gudang, tempat bersarang atau tempat berkumpul.

Basis data adalah kumpulan informasi yang disusun berdasarkan cara tertentu dan merupakan suatu kesatuan yang utuh dalam suatu database yang dapat menghasilkan informasi yang berguna.

Contoh Basis Data

Basisdata warisan (legacy database) adalah basis data yang sedang digunakan oleh sebuah perusahaan. Istilah warisan menyatakan bahwa basisdata telah dipakai selama beberapa tahun dan basisdata yang ada tidak sesuai dengan teknologi masa kini. Ketika sebuah perusahaan telah menentukan untuk merancang sebuah basisdata, basisdata yang ada dianggap sebagai basisdata warisan.

Contoh basis data yang telah kita kenal:

  1. Buku alamat
  2. Buku telepon
  3. Katalog telepon
  4. Katalog perpustakaan
  5. Toko buku online
  6. Peta jalan

Terdapat tiga hal yang saling berhubungan dengan basis data, yaitu:

  1. Data itu diorganisir ke dalam bentuk basis data (database).
  2. Untuk menyimpan basis data tersebut dibutuhkan simpanan permanen (storage).
  3. Dibutuhkan perangkat lunak untuk memanipulasi basis datanya yang disebut dengan DBMS (Data Base Management System), contohnnya dBASE, Fox, Base, Microsoft Accsess, Oracle dan lain-lain. DBMS yang ppular untuk mengolah basis data sekarang ini adalah RDBMS (Relational Data Base Management System), RDBMS ini menggambarkan field dari data dan bagian baris menunjukkan record dari data.

Komponen Basis Data

Ada enam komponen pokok didalam sutu sistem basis data, yaitu:

  1. Perangkat Keras (hardware) dalam sistem komputer, bisa berupa komputer standar, media penyimpanan dan media komunikasi
  2. Perangkat Lunak Aplikasi (software) lain yang mendukung dan bersifat opsional
  3. Sistem Operasi (operating system)
  4. Database, Basis data lain yang mempunyai keterkaitan dan hubungan dengan basis data itu sendiri (file, table, indeks).
  5. Basis Database Management System (DBMS), perangkat linak yang digunakan untuk mengelola basis data (Microsoft Access, Oracle, dBase, Foxbase, Rbase dan lain-lain).
  6. Pemakai (user) yang terlibat dalam pengelolaan dan penggunaan basis data.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s